Ummi; Saya SIAP!

Setelah menyelesaikan studi dan merantau lama di tanah orang, saya terpikir untuk langsung kembali ke rumah, namun takdir berkata lain. Keinginan untuk memberi sedikit yang saya punya dan belajar banyak dari orang lain telah mengantarkan saya lolos program Sekolah Cerdas. Saya terpilih menjadi Kakak Cerdas yang bertugas mendampingi beberapa sekolah di satu daerah menuju sekolah ceria damai dan siaga bencana.


Tujuan awal saya mengikuti program Sekolah Cerdas ialah ingin memberi sedikit ilmu dan tenaga yang saya punya. Kenyataan yang terjadi, melalui program ini saya justru diberi ilmu yang bahkan tak sedikit serta tenaga untuk terus menebar kebaikan di mana pun dan kapan pun. Ilmu yang saya dapatkan dari program ini sangatlah beragam, mulai dari ilmu formal yang menunjang bidang studi yang saya geluti hingga ilmu kehidupan yang hanya didapatkan pada situasi dan orang-orang tertentu. Selain ilmu dan tenaga yang saya dapatkan, keinginan saya untuk terjun di bidang pendidikan juga semakin dikuatkan melalui program Sekolah Cerdas ini.


Sebagai program, tentunya Sekolah Cerdas masih memiliki banyak kekurangan. Namun, melalui program ini, sekolah-sekolah telah membuka pintu dan menjalin harapan bahwa mewujudkan sekolah yang damai dan siaga bencana bukanlah kemustahilan. Sebagai tempat yang menjadi bekal untuk masa depan negeri, saya harap akan banyak lagi program-program yang mengusung perdamaian dan kebencanaan di sekolah agar Indonesia yang damai dan siaga bencana dapat terwujud.
Akhir kata, terima kasih Sekolah Cerdas telah memilih saya menjadi Kakak Cerdas. Jika diberi kesempatan untuk mengabdi dan terjun di program ini, tentu saya akan berkata “Siap”.

 

Penulis: Ummi Habibah Kakak CERDAS asal Jakarta. Tempat pengabdian: Yogyakarta

Kamu AoP punya cerita perubahan? Kirimkan ceritamu ke aop@peacegen.id

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!