Mencegah Bully Bersama Kader PKK Kelurahan Babakan Sari

Foto: Sesi diskusi kelompok

 

Mencegah bully pada anak-anak merupakan salah satu tema utama dalam pelatihan parenting yang dilaksanakan di Kelurahan Babakan Sari. Fenomena bully ini sedang menjadi tren di masyarakat sebagaimana yang disampaikan Lurah Babakan Sari dalam sambutannya.

Sebanyak 70% anak-anak pun mengaku mengalami bully di sekolah (Plan Internasional 2015). Dalam hal ini, ibu yang menjadi madrasah pertama diharapkan bisa mencegah fenomena bully tersebut.

Anak-anak korban bullying kemungkinan bisa menjadi aktor kekerasan ekstrem apabila tidak ada peran orang tua dalam proses pembentukan karakter anak.

Maka dari itu, orang tua sangat diharapkan mengetahui karakter anak-anaknya, mulai dari kepada siapa anak bercerita, apa cita-cita anak, dan siapa orang yang paling berpengaruh dalam hidup anak.

Untuk mengetahui sejauh mana peran orang tua dalam kehidupan anaknya, peserta pelatihan melakukan sebuah aktivitas yang didampingi oleh narasumber. Aktivitasnya ialah mendiskusikan jawaban dari pertanyaan yang diberikan narasumber yang dibagi ke dalam kelompok.

Pertanyaan tersebut diantaranya apa kelebihan anak Anda, siapa orang yang paling berpengaruh dalam kehidupan anak Anda, apa impian terbesar anak Anda, dan apa yang harus diperbaiki dari anak Anda.

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!