Penyerahan SK dan Koordinasi Awal Tim Kelurahan

Foto: Sesi tanya jawab koordinasi tim kelurahan di Kelurahan Babakan Sari

Setelah melaksanakan seleksi tim kelurahan yang dibentuk melalui musyawarah pembentukan tim kelurahan dan SK Kelurahan dengan tugas utama memfasilitasi pelaksanaan dan pengembangan SITI II di masyarakat, selanjutnya tim kelurahan akan dibekali dengan pelatihan.

Pelatihan tim kelurahan bertujuan sebagai pengembangan kapasitas dan keterampilan saat tim kelurahan menerapkan SITI II di basis wilayah kerja masing-masing, yaitu Kelurahan Pasirbiru dan Kelurahan Babakan Sari. Pelatihan tim kelurahan sendiri rencananya  akan dilaksanakan secara semi daring.

Sebelum mengikuti pelatihan, tim kelurahan akan menerima SK dari lurah kelurahan masing-masing yang diberikan secara seremonial. SK Tim Kelurahan sendiri merupakan salah satu bentuk tanggung jawab atau komitmen yang diberikan lurah kepada tim kelurahan dalam rangka menjalin kerja sama dengan Peace Generation untuk implementasi SITI II.

Foto: Penyerahan SK kepada Epep Jaenudin (Koordinator Tim Kelurahan Pasirbiru)

Setelah menerima SK, tim kelurahan melaksanakan koordinasi awal dengan petugas lapangan untuk menentukan metode pelatihan. Metode pelatihan yang ditawarkan ada dua, pelatihan semi daring dengan didampingi petugas lapangan atau di rumah masing-masing.

Untuk pelatihan secara semi daring bersama petugas lapangan, nantinya tim kelurahan dikumpulkan di aula kelurahan dan memerhatikan pemaparan dari C-SAVE melalui aplikasi ZOOM Meetings, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Sedangkan metode secara semi daring yang dilaksanakan di rumah adalah menggunakan smartphone masing-masing, yang mana petugas lapangan akan memandu melalui Whats App Group. Untuk mendukung tim kelurahan mengikuti metode ini, maka petugas lapangan menyelenggarakan simulasi singkat penggunaan aplikasi ZOOM Meetings.

Hasil dari koordinasi awal dengan tim kelurahan di Kelurahan Pasirbiru dan Kelurahan Babakan Sari, keduanya memilih pelatihan secara semi daring metode pertama dengan pertimbangan apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan secara langsung akan lebih mudah. Selain itu, pengetahuan tim kelurahan mengenai penggunaan aplikasi ZOOM Meetings sangat rendah.

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!