Training for Peace Educator Secara Online

Pada hari Minggu, (17/5) Peace Generation Solo telah menyelesaikan kegiatan Training for Educators secara online. Kegiatan TfE ini merupakan rangkaian kegiatan Breaking Down the Wall yang dilaksanakan sepanjang 2019-2020 di Solo.
Training dilakukan secara online menggunakan media WhatsApp, Podcast Spotify, Slide, dan YouTube. Kegiatan yang dimulai sejak 25 April ini difasilitasi oleh seluruh fasilitator 12 Nilai Dasar Perdana yang dimiliki oleh Peace Generation Solo.
Mukhlis, sebagai salah satu fasilitator, berharap agar para peserta TfE dapat mengembangkan sendiri nilai-nilai yang telah dipelajari. “Semoga nilai-nilai itu dapat digunakan untuk memecahkan masalah, minimal bagi diri mereka sendiri, syukur-syukur untuk lingkungan sekitar”, paparnya.

 

 ( Baca juga keseruan SMAS Muhamadiyah mengajarkan 12 NDP di sini! )
Sebelumnya, para fasilitator ini telah mendapatkan Training for Fasilitator pada Desember 2019 secara offline, sebelum pandemi corona membatasi kegiatan. Setelah ini, fasilitator bersama peserta TfE akan melakukan implementasi 12 Nilai Dasar Perdamaian terhadap 200 siswa di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta dan SMP Regina Pacis Ursulin Surakarta.
TfE diikuti oleh 20 peserta, yang terdiri dari 6 guru dari SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, 4 siswa-siswi dari SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, 6 guru dari SMP Regina Pacis Ursulin Surakarta, dan 4 siswa dari SMP Regina Pacis Ursulin Surakarta. Setelah mendapatkan materi nilai 12 Nilai Dasar Perdamaian, mereka melakukan refleksi mendalam melalui penugasan Misi dan Review yang diberikan oleh fasilitator.
Dalam refleksi tersebut, ada peserta yang membuat konten-konten berisikan narasi perdamaian yang mereka unggah di akun Instagram masing-masing. Konten-konten ini adalah bagian dari kampanye Peace Generation beserta jejaringnya untuk menyebarkan nilai perdamaian.
Peace Generation Solo juga berhasil membuat Podcast berisi 12 Nilai Dasar Perdamaian mulai dari nilai 1 hingga 12. Podcast karya para fasilitator dari Solo ini dapat didengarkan melalui aplikasi Spotify. Podcast dapat didengarkan secara publik. Training ini juga menjadi training online pertama bagi Peace Generation.
Peace People, untuk mengetahui informasi teranyar seputar Peacegen, jangan lupa untuk klik di sini!
Oleh: Yusuf
Editor: Faza Rahim

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!